Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Klarifikasi Lapangan Lomba Kalurahan Tingkat Provinsi DIY tahun 2022 di Kalurahan Pleret

06 Juni 2022 19:23:46  Rifqi Fatoni  367 Kali Dibaca  Kejuaraan dan Lomba

InfoPleret - Senin (6/6) Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan klarifikasi dalam rangka Lomba Kalurahan Tingkat Provinsi tahun 2022. Tim Evaluasi terdiri dari lintas sektor OPD di lingkungan Pemda DIY yang diketuai oleh Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat DIY Bapak Sukamto, SH., MH.

Hadir dalam pembukaan klarifikasi lapangan ini Bupati Bantul Bapak H. Abdul Halim Muslih, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY KPH. H. Yudanegara, Ph.d., Koordinator Provinsi P3MD DIY Murtodo, Jajaran Dinas PMK Kabupaten Bantul, Forkompimkap Pleret, Lurah beserta pamong dan lembaga kalurahan serta Relawan Kalurahan Pleret.

Acara dimulai dengan sajian musik keroncong, macapat, tarian kijang oleh seniman anak-anak serta lagu Mars Pleret oleh ibu ibu TP PKK Kalurahan Pleret. Acara dilanjutkan dengan Sambutan dari Bupati Bantul Bapak H  Abdul Halim Muslih dan dilanjutkan sambutan ketua tim dewan juri lomba kalurahan.

Menurut Ketua Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Kalurahan dari Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah DIY Bapak Sukamto, SH., MH. pelaksanaan perlombaan kalurahan dan keluharan tingat DIY tahun 2022 merupakan kegiatan rutin dalam rangka Evaluasi Perkembangan Desa dan Kalurahan yang diatur dalam Permendagri no 81 Tahun 2015 dengan tema Desa dan Kalurahan tangguh Ekonomian Masyarakat Tumbuh. Pengembangan desa digital oleh kalurahan pleret sangat luar biasa dan sangat informatif, ditunjang dengan visi lurah pleret yang tertuang dalam RPJMKal yaitu Kalurahan Digital yang Mandiri, Berbudaya, Sejahtera dan Agamis dan dijabarkan dalam 5 misi lurah : 1. Good Governance; 2. Smart People; 3. Desa Digital; 4. PADes dan 5. Desa Hijau. Disamping itu website kalurahan pleret konten-kontennya sangat lengkap dan update serta informatif.

Selain menilai laporan administrasi penyelenggaraan pemerintah baik desa maupun dusun atau di kalurahaan, Tim evaluasi juga melihat  langsung inovasi dan produk unggulan yang menjadi sampel dalam lomba ini.

Klarifikasi lapangan diakhiri dengan kunjungan ke dusun sample Keputren. Disana tim juri disuguh dengan berbagai macam kesenian tari, reog, gejog lesung, potensi kuliner gubug sawah, kolam kelompok, kegiatan kampung aksara dan administrasi Padukuhan di Balai Warga (Pokgiat). Sebagian tim juri sangat senang ikut merasakan memainkan seni gejog lesung dengan bimbingan dari masyarakat setempat.

Setelah selesai melakukan penilaian acara ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari dewan juri dan diberikan tanggapan oleh Wakil Bupati Bantul Bapak Joko Purnomo sekaligus melepas rombongan tim juri untuk kembali ke kompleks Kepatihan Jogjakarta.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Pengurus

Back Next

Agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:843
    Kemarin:4.037
    Total Pengunjung:490.909
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.83.32.226
    Browser:Tidak ditemukan